Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Shalom Sahabat SMASKRIS Ambon

Kamis (18 /1/ 2018), bertempat ruang LAB Biologi di SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon, dilakukan kegiatan Sosialisasi “Penataan Kelembagaan Koperasi” bagi pengurus dan anggota koperasi sekolah “3 S” ( Sehat Semangat Sukses ).

Sebagaimana kita ketahui bahwa koperasi adalah badan hukum yang berdasar atas asas kekeluargaan yang semua anggotanya terdiri dari perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Koperasi juga bisa diartikan sebagai badan usaha yang mempunyai anggota yang setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab masing masing dimana setiap anggota mempunyai hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang akan diambil. Dengan tujuan utama koperasi untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta turut serta membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang undang dasar 45. Dengan demikian koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah tujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tata perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Kegiatan sosialisasi  dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon, bapak Drs M Keiluhu, dan dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Kepala Bidang Koperasi bapak F. Datumbanua, S.AB didampingi oleh Kasubid Kelembagaan Koperasi dan SDM Bapak Drs. Z. Sopacua dan Kabid Pemeriksaan dan Pengawasaan Ibu V. Siegers, SE, M.Si.

 Kegiatan yang  diiukuti kepala SMA Swasta Kristen YPKPM ambon Dra E Laturiuw, M.Si. bersama para guru dan pegawai yang merupakan pengurus dan anggota koperasi sekolah dengan  agenda :  

1.      Syarat menjadi anggota koperasi yang baru dan yang akan keluar

2.      Cara pembuatan buku bendahara koperasi

3.      Cara pembuatan buku laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi

4.      Cara pembagian SHU

Kata Bapak koperasi Indonesia Bung Hatta, “ jika seseorang tak punya semangat individualitas, maka tak ada semangat untuk membela keperluan hidupnya, maka semangat berkoperasi pun nihil. Manusia yang tak punya semangat untuk memperjuangkan hidupnya akan cenderung pasrah pada nasib. Individualitas juga menuntut tanggung-jawab dan kejujuran. Semua itu diletakkan dalam kerangka untuk mencapai kepentingan bersama.”

Dengan demikian diharapkan kegiatan Sosialisasi penataan kelembagaan koperasi ini dapat menjadikan pengurus dan anggota koperasi SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon tetap bersemangat untuk  mampu mengelola koperasi ini kedepan menjadi lebih baik, serta dapat memajukan dan membangkitkan kesadaran berkoperasi yang sehat semangat sukses sesuai nama koperasi sekolah kita.

Salam SMASKRIS Mandiri menuju SMASKRIS yang bermutu

Tuhan Yesus Memberkati

comments

Back to top