Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

SHALOM SAHABAT SMASKRIS AMBON !

Puncak acara HUT ke 72 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2017 di Ambon, yang di rayakan pada hari selasa 28 november 2017 bertempat di lapangan merdeka ( LAPMER ) Kota Ambon dengan  Inspektur upacara Bapak Gubernur Maluku Bapak  Ir Said Assagaff. Tema HUT ke 72 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2017 adalah “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter”,

Acara ini di awali dengan pembacaan sejarah singkat PGRI, dilanjutkan dengan upacara bendera yang diikuti oleh semua pendidik  dan tenaga kependidikan yang ada di kota Ambon, mulai dari SD, SMP, SMA SMK sederajat, termasuk di dalamnya SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon, dan sejumlah petinggi Pejabat di lingkup Pemerintahan Kota Ambon.

Profesi guru ini merupakan profesi yang penting dan strategis dalam rangka pembinaan bangsa dan negara kita. Di dalam pembukaan Undang-undang dasar Negara tahun 1945 menyatakan bhawa “ mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara” maka untuk mewujudkan pernyataan tersebut maka pada stekcholder yang berperan penting dalam hal ini pemerintah dan para guru sejak 72 tahun yang lalu. Sesuai dengan tema pada Hari Guru tahun ini, marilah kita semua sebagai guru dalam mendidik siswa di sekolah harus menerapkan asas disiplin dan menjadi seorang guru/pendidik yang mempunyai prilaku baik sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didiknya. Guru adalah seorang panuta bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, dalam bahasa jawa ada istilah “guru diguru lan ditiru”, itu mempunyai arti bahwa seorang guru itu dipercaya oleh muridnya dan diikuti setiap tindak tanduknya. Berarti apapun yang dikatakan oleh seorang guru pasti akan dipercaya oleh muridnya, dan apapun yang lakukan oleh guru dalam mendidik pasti akan diikuti juga oleh muridnya. 

“ Membangun pendidikan karakter melalui keteladanan Guru” demikianlah disampaikan oleh Bapak Gubernur Maluku dalam pembacaan sambutan tertulis dari Mentri Pendidikan RI Bapak Muhadjir Effendy. Peningkatan professionalisme guru di Maluku menjadi salah satu agenda utama dalam pembangunan pendidikan di Maluku. Beliau sangat berterima kasih kepada pada guru dan berharap terus meningkatkan mutu pendidikan agar tidak ada lagi anak Maluku yang tidak berpendidikan.

Setelah selesai upacara bendera acara dilanjutkan dengan pencanangan pemakaian pakaian batik PGRI pada setiap tanggal 25 bulan berjalan, sesuai dengan surat keputusan Gubernur Maluku tahun 2017 dan pencanangan pembangunan gedung guru provinsi Maluku yang ditandai dengan pemasangan secara simbolis pakian batik PGRI kepada 2 orang guru laki-laki dan perempuan serta, penekanan tombol sirine oleh Gubernur Maluku Ir Said Assagaff dan ketua PGRI Provinsi Maluku Bapak  Drs.M.Saleh Thio,M.Si yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba yang telah di lakukan oleh panitia HUT ke 72 PGRI dan HGN tahun 2017, diantaranya juara I, II, III dari masing-masing mata lomba senam PGRI antar kecamatan, lomba penulisan karya ilmiah bagi para guru, lomba paduan suara menyanyikan lagu Hymne PGRI antar kecamatan, lomba Marching Band antar sekolah, dan kecamatan Sirimau keluar sebagai pemenang juara Umum. Kegiatan di akhiri dengan makan patita bersama di lapangan pattimura ambon

Diakhir puncak  acara ini, panitia mengadakan acara khusus HUT ke 64 Bapak Gubernur Maluku yang jatuh pada keesokan harinya yaitu  tanggal 29 November 2017, perwakilan dari siswa SD, SMP, SMA dan Guru  yang dalam hal ini diwakili oleh kepala SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon Dra E Laturiuw M.Si  yang  memberikan harapan dan doa kepada bapak Bib (sapaan akrab bapak Gubernur ) 

Hidup Guru

Hidup PGRI

Solidaritas yes yes yes

Tuhan Yesus Memberkati menuju SMASKRIS yang bermutu

   

   

  

  

  

 

comments

Back to top