Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

SHALOM SAHABAT SMASKRIS AMBON !!!

PIK-R ( Pusat Informasi Konseling Remaja)  merupakan salah satu jalan keluar untuk mengaktifkan remaja pada kegiatan-kegiatan yang mengajak mereka kepada hal-hal yang positif dan dinamis untuk terhindar dari pergaulan sex bebas, penggunaan obat-oabt terlarang dan kegiatan negatif lainnya yang pada akhirnya merugikan masa depan mereka dan bangsa ini. Permasalahan remaja adalah permasalah yang harus menjadi perhatian semua kalangan (pemerintah maupun non  pemerintah). Trik dan metode untuk menarik minat dan perhatian mereka bercengkrama dengan kegiatan-kegiatan yang mendorong semangat dan gairahnya untuk mengembangkan potensi akademik dan non akademiknya seperti yang tercantum dalam UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Undang-undang Sisdiknas pasal 3 juga menyebutkan bahwa “ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahasa Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.”.

Ketua dan wakil ketua Pusat informasi konseling- remaja ( PIK-R ) SMA Swasta Kristen YPKPM Ambon Nn. Yoan Lekatompessy kelas XII IPA5 dan Nn. Geslin de Fretes XI MIA2 dengan guru pendampingi Ibu S.Patty, S.PAK,M.Si  terpilih dari kota  Ambon untuk mengikuti Jambore ajang kreativitas Remaja Tingkat Nasional tahun 2017, Selasa-Jumat (24-27/10/2017), bertempat di Minang Fantasi kota Padang Panjang Sumatra Barat dilaksanakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Sehari sebelum menuju Padang Panjang Sumatera Barat pada hari Senin,23 Oktober 2017  Ketua dan wakil PIK-R SMASKRIS Ambon didampingi orangtua masing- masing bersama guru pendamping mendapat arahan dari  Kepala SMA Swasta Kristen Ambon Dra E Laturiuw, M.Si sebagai penanggung jawab PIK-R SMASKRIS Ambon. 

Kegiatan Jambore ini dilaksanakan dalam rangka promosi, sosialisasi dan meningkatkan keterampilan serta kapasitas remaja Genre khususnya Duta Genre, pengelola,pengurus dan anggota PIK Remaja Tingkat Nasional tahun 2017 dengan kegiatan aplikasi mapping PIK,bakti untukmu negeri,  workshop video penndek GenRe (generasi berencana), mendapat materi remaja berkarakter , dan terakhir mengikuti uji ketrampilan dan ketangkasan GenRe yang terdiri  dari  lima pos. Pada pos pertama tim Maluku yang terdiri dari tim  kota Ambon, Seram Bagian Barat dan duta GenRe Mahasiswa berhasil mengalakan tim dari Sulawesi Selatan.

Salah satu Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan revolusi karakter bangsa sesuai dengan Nawacita. BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan

Sebagai bentuk apresiasi dari BKKBN kepada  para remaja yang aktif dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja mengembangkan program GenRe, setiap tahun dilaksanakan kegiatan pemilihan Duta Genre untuk memilih remaja yang memiliki kompetensi dan karakter yang sangat baik dan akan menjadi motivator untuk menyampaikan pesan-pesan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE ) Tingkat Nasional Tahun 2017, diselenggarakan di Kota Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini turut di dukung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)

Dalam sambutannya pada pembukaan ADUJAK GENRE di Kampus Institut Seni (ISI) Padang Panjang, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menjelaskan, “Remaja Indonesia saat ini merupakan generasi milenial, generasi yang hidup dalam alam keterbukaan, keterbukaan berekspresi dan dibanjiri beragam informasi tentunya akan menjadikan muncul beragam persoalan di kalangan remaja dengan adanya pengaruh negatif, namun kalau remaja Indonesia menjadi Generasi Berencana saya berharap mampu menjadi remaja yang tangguh siap menghadapi masa depan dengan  terencana”, jelas Surya.

Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE ) Tingkat Nasional Tahun 2017 merupakan gelaran yang ke-8 yang diikuti oleh lebih dari 800 perwakilan remaja dari seluruh Indonesia termasuk dua remaja perwakilan PIK-R SMASKRIS Ambon dengan thema “Sewindu Mengabdi Untukmu Negeri”, Melalui Program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam Lima Transisi Kehidupan (Five Life Transitions), yaitu 1) melanjutkan sekolah (continue learning); 2) mencari pekerjaan (start working); 3) memulai kehidupan berkeluarga (form families); 4) menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship); dan 5) mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Mengakhiri sambutannya Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menyampaikan, “Melalui kegiatan ini saya berharap akan muncul remaja-remaja Indonesia yang tangguh yang dapat menjadi contoh dan mampu memotivasi remaja Indonesia lainnya menjadi Generasi Berencana, remaja yang mampu merencanakan masa depannya dengan baik, saya mengharapkan para remaja dapat menjadi motivator Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui kegiatan Remaja di masing-masing daerahnya” pungkas Surya.

 

 Salam GenRe ; saatnya yang muda berencana .

Remaja Harus Merencanakan Masa  Depan

Tuhan Yesus berkati menuju SMASKRIS bermutu 

  

  

  

comments

Back to top